Rabu, 20 April 2011

posting perdana

10 Cara Mendapatkan Inspirasi Buat Menulis


Buat kalian yang lagi susah mendapatkan inpirasi buat nulis Blog ini ada 10 cara mendapatkan inspirasi buat nulis langsung ke TKP kata om ‘’parto OVJ’’ :
1. Blog dan blog,ini emang salah satu gak ada habis nya menjadi salah satu sumber nya inspirasi di otak kita,cara nya adalah gampang saja,kta tinggal Blogwalking ke Blog – Blog yang bagus yang kita dapat lihat ide atau gagasan yang ada di Blog tersebut. Dan ini berlaku buat saya, benar dan benar menginspriasi untuk menulis dengan gaya khas sendiri kok.
2. Majalah/ Koran dan kawan kawan dia lah,dapat dikatakan banyak tema dan ide menarik bisa kita suka membaca dari media tersebut. Justru terkadang kita banyak mengambil pelajaran yang bagus saat membaca majalah/koran. Ulasan suatu topik yang dikemas dengan bahasa jurnalisme yang baik, terkandang membuat kita semua iri.
3. Flim, ini juga masuk dalam insprirasi yang asyik lo. Dari film kita dapat gagasan untuk kita tulis yang mana dari resensi film tersebut, di antara nya dari tokohnya atau situasi dan kondisi yang kita olah ulang kembali sedemikian rupa untuk menulis.
4. Peristiwa, setiap saat dan dimanapun kita tak bisa lepas dari peristiwa yang ada di sekeliling kita. Nah maka dari itu kita dapat pilah – pilah mana sekiranya menarik menjadi tema dalam tulisan kita. Peristiwa sehari –hari yang seperti biasa bila di kemas dengan tutur bahasa yang gaya penulisan yang asyik, akan menjadi menarik untuk di baca oleh orang lain.
5. Teman, sebenar nya teman yang ada di sekeliling kita,asal dia punya karakter aja, bisa di jadikan sumber inspirasi kita buat menulis, dalam arti kita bisa melihat dari sekian banyak teman kita, pasti ada yang mempunya karakter unik. Nah ini yang bisa jadikan korban buat kita,korban dalam arti,kita bisa mengambil karakter dia di contohkan dia suka pemarah,bisa kita jadikan tema sifat pemarah. Apa dan bagaimana mengendalikan sifat tersebut, dan sebagaianya.
6. Seni, ini salah satu sumber inspirasi kita yang kaya makna. Misalkan kalau kita lihat lukisan yang indah. Menggambarkan apa lukisan itu, apa maksud dari goresan lukisan itu, bisa kita jadikan ide untuk menulis.
7. Tamasya/ Jalan - jalan, lokasi tempat kita bertamasya adalah sumber inspirasi kita yang bagus. Apa dan bagaimana tempat tamasya itu, mengapa tempat itu layak dikunjungi, sejarah tempat tersebut dan lain sebagainya. Semua merupakan bahan yang bagus tulisan.
8. Ibadah, adakalanya kita lupa, bahkan ibadah pun bisa dijadikan tema sebuah tulisan lo. Kita mungkin bisa menceritakan bagaimana perasaan, harapan yang ingin di capai dan syukur kita saat melakukan ibadah. Biasanya saat ibadah justru mendapatkan inspirasi yang tulus.
9. Jalan – jalan, cobalah sejenak berjalan – jalan bila perasaan kita’’Galau’’ alias suntuk dan jenuh. Jalan – jalan untuk menlihat sekeliling maksud nya. Berjalan dan berhentilah sejenak untuk memperhatikan orang – orang yang berlalu lalang, kendaraan yang melintas, asalkan kamu gak berjalan – jalan di tengah jalan aja,akibatnya lalu lintas macet liatin kamu.
10. Kumpul bareng, istilah lain nongkrong lah. Kita cukup jadi pendengar yang baik. Biarlah teman – teman kita berbica satu sama lain, simak dan dengarkan dengan santai kawan.
(DI KUTIP : 101 Cara membuat blog menghasilkan uang Sus Hardianto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar